Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala yang Sudah Lama Tidak Dipakai

cara mengatasi laptop tidak bisa nyala

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala – Tidak sedikit orang yang mengalami kebingungan ketika laptop yang mereka miliki tidak bisa nyala. Selain menyebabkan panik masalah tersebut juga akan mengganggu pekerjaan yang harus diselesaikan. Untuk itu, pastikan segera mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop tidak bisa nyala.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala

Apabila laptop Kamu mengalami masalah, yakni tidak dapat menyala maka sangat penting untuk segera mengatasinya. Jangan sampai masalah Troubleshoot Laptop tersebut dibiarkan saja sehingga dapat menyebabkan laptop menjadi blank dan tidak dapat beroperasi untuk sementara waktu. Berikut beberapa cara mengatasinya:

1. Periksa Layar Laptop

Sebenarnya, cara mengatasi laptop tidak bisa nyala terbilang cukup mudah. Yakni dengan memeriksa layar laptop terlebih dahulu. Umumnya, adanya black screen tidak selalu menjadi tanda laptop tersebut rusak parah. Akan tetapi bisa saja disebabkan oleh kerusakan kecil. Berikut cara mengeceknya:

  • Pastikan layar laptop dapat berfungsi dengan baik
  • Uji bagian output display laptop
  • Selanjutnya, pastikan menghubungkan laptop dengan layar monitor eksternal
  • Apabila layar tersebut ternyata berhasil menyala, maka kemungkinan masalahnya adalah kabel display
  • Jika masih tidak menyala pastikan untuk memperbaikinya dengan cepat
  • Tidak ada salahnya juga untuk melakukan service pada tempat resmi

2. Cek Hard Disk

Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala lainnya adalah dengan melakukan pengecekan hard disk. Terlebih ketika layar laptop yang tiba-tiba gelap sehingga tidak bisa menyala, tetapi hard disk atau suara kipas masih tetap terdengar setelah menekan tombol power. Berikut cara selengkapnya:

  • Coba matikan laptop
  • Cabut/putus aliran listrik yang terhubung ke laptop
  • Bersihkan laptop dari debu atau kotoran lain
  • Pastikan aliran udara panas dapat keluar dari laptop dengan baik
  • Beri waktu lebih lama untuk laptop beristirahat
  • Tunggu dalam beberapa jam agar dingin
  • Coba pasang kembali baterai
  • Nyalakan laptop tersebut

Baca : 2 Cara Mengatasi Black Screen Laptop Serta Penyebabnya

Tips Menjaga Kesehatan Laptop Agar Tidak Mudah Mati

Selain memahami bagaimana cara mengatasi laptop tidak bisa nyala, ada baiknya juga bagi Kamu untuk menjaga kesehatannya. Agar nantinya penggunaan laptop tersebut jauh lebih awet dan maksimal. Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan laptop tersebut:

1. Hapus Software Tidak Penting

Salah satu tips yang bisa Kamu lakukan untuk menjaga laptop agar tetap maksimal penggunaannya adalah dengan menghapus software yang tidak kompatibel atau tidak penting. Aplikasi yang tidak kompatibel sendiri tidak akan dapat didukung oleh sistem operasi laptop.

Apabila Kamu memaksa untuk menggunakannya, maka bisa saja menyebabkan laptop menjadi blank dan mati secara tiba-tiba. Tidak hanya itu, software yang terlalu banyak juga dapat menjadikan memori laptop sesak. Jika tidak terlalu penting penggunaannya maka tidak ada salahnya untuk menghapusnya.

2. Rutin Cek Hardware

Perlu Kamu ketahui, bahwa beberapa masalah yang menjadi penyebab layar bank adalah hardware bermasalah. Oleh sebab itu, pastikan memeriksanya secara rutin agar nantinya bagian tersebut tidak akan memberikan pengaruh tertentu ketika terjadi proses booting pada laptop.

Salah satu jenis hardware yang sering menjadi penyebab laptop mati adalah RAM. Terlebih jika RAM yang ada pada laptop Kamu ternyata kotor. Tentu sangat penting untuk segera membersihkannya. Jika perlu, ganti RAM tersebut dengan yang baru agar maksimal penggunaannya.

Baca : Tips Mengatasi Layar Laptop Tidak Menyala yang Wajib Anda Ketahui

Cara Menyalakan Laptop dengan Baik dan Benar

Agar laptop yang Kamu miliki tidak mudah mengalami masalah, maka sangat penting untuk memperhatikan bagaimana cara menyalakannya dengan baik dan benar. Terlebih, untuk mengoperasikannya sendiri tentu bukan hal yang sulit. Simak saja beberapa cara menyalakannya dengan baik di bawah ini:

1. Perhatikan Lokasi Pemakaian

Sangat penting bagi Kamu untuk memperhatikan lokasi pemakaian perangkat tersebut. Hal ini termasuk menaruh laptop dengan cara yang benar dan lokasi yang tepat. Beberapa orang sendiri tidak terlalu memperhatikan pemakaian tersebut. Padahal, hal ini hanya akan menyebabkannya lebih mudah rusak.

Oleh sebab itu, pastikan untuk menaruh laptop pada lokasi atau tempat yang rata. Contohnya seperti meja atau alas lain yang keras dan tidak mudah lembab dan lembek. Sangat penting juga untuk menaruhnya pada tempat yang terhindar dari debu atau kotoran.

2. Buka Layar dengan Baik

Kamu juga perlu memperhatikan bagaimana cara tepat ketika ingin membuka layar laptop. Caranya sendiri terbilang sangat sederhana. Akan tetapi, beberapa orang masih menyepelekan hal tersebut. Pastikan Kamu mengangkat layar laptop dengan perlahan dan hati-hati.

Selain itu, tidak mengapa apabila ingin mengecek terlebih dahulu bagian pinggir layar. Jika terdapat kunci, maka pastikan membukanya terlebih dahulu. Kemudian, cek semua sudut layar pastikan tidak ada yang miring ke bagian bawah. Pasalnya, hal seperti ini bisa menyebabkan engsel mengalami kerusakan.

3. Mulai Nyalakan Laptop

Untuk menyalakan laptop sendiri juga perlu Kamu lakukan dengan baik dan benar. Pastikan untuk mencari letak tombol powernya terlebih dahulu. Umumnya, tombol tersebut terletak di dekat layar atau di bagian pinggir dari keyboard. Bentuknya sendiri akan berbeda-beda sesuai dengan tipe laptop.

Terdapat beberapa laptop yang memiliki tombol power dengan bentuk bulat. Terdapat pula beberapa laptop lain yang memiliki tombol power seperti switch. Kamu bisa menekan atau menggeser tombol tersebut dengan hati-hati agar laptop dapat menyala dan digunakan.

4. Tunggu Proses Boot

Perlu Kamu pahami, bahwa boot merupakan tampilan ketika laptop pertama kali menyala. Umumnya, tampilan tersebut dimulai dari munculnya logo kemudian disusul dengan loading Windows. Ketika terjadi proses boot tersebut, pastikan untuk menunggunya dalam beberapa waktu.

Untuk menunggu hingga proses boot selesai umumnya tidak akan memakan banyak waktu. Kamu hanya memerlukan waktu sekitar 10 detik saja sampai dengan 1 menit. Pada saat menunggu proses tersebut sendiri pastikan untuk tidak mengotak-atik laptop terlebih dahulu.

Penutup

Itulah beberapa informasi dari TeknoApp tentang cara mengatasi laptop tidak bisa nyala. Pastikan untuk memahami dan menerapkan setiap cara tersebut, agar nantinya tidak akan ada lagi kasus laptop yang bermasalah. Pasalnya, jika dibiarkan begitu saja tentu akan menghambat aktivitas pemakaian laptop itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like