Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar Paling Recommended

Tinta Printer Tidak Keluar

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar – Printer memang harus selalu dirawat agar tidak rusak. Nyatanya, banyak sekali persoalan yang muncul ketika menggunakan printer yang rumah. Kerusakan yang umum terjadi adalah tintanya yang tidak keluar sehingga menyulitkan kamu untuk melakukan pencetakan file. Berikut ini adalah cara mengatasi tinta printer tidak keluar yang harus disimak.

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

1. Pastikan Tintanya Masih Ada

Catridge yang kosong tentu tidak dapat digunakan untuk mencetak dokumen karena tak ada warna yang bisa dikeluarkan. Pastikan kamu harus mengecek terlebih dahulu tintanya sebelum melakukan pencetakan. Tanda bahwa tinta ini telah habis adalah hasil cetakan bergaris dan warnanya memudar.  

Cara mengatasi tinta printer tidak keluar apabila menggunakan tinta tipe inject adalah dengan mengangkat bagian catridge-nya, apabila catridge-nya ringan berarti tinta kosong. kamu juga harus memperkirakan kapan terakhir mengisi tinta agar dapat mengetahui dengan baik kapan tinta habis. Cara ini dapat diterapkan pada cara mengatasi tinta printer tidak keluar Epson I120.

2. Lepaskan Catridge Terlebih Dahulu

Terkadang tinta yang sudah diisi masih tetap saja tidak dapat bekerja. Masalah ini tentu akan sangat membingungkan bagi siapa saja. Solusi yang harus dilakukan adalah dengan melakukan cara mengatasi tinta printer tidak keluar Canon IP2770 ini cocok digunakan untuk versi lainnya juga. Cobalah untuk melepaskan Cartridge terlebih dahulu dan mulai mengeceknya.

Periksalah pada bagian bawah dari catridge-nya apakah terdapat tinta yang terperangkap di bagian tersebut atau tidak. Kasus yang sering terjadi lainnya adalah tintanya meluber kemana-mana sehingga harus dibersihkan terlebih dahulu. Membersihkannya pun harus menggunakan alat yang lembut seperti tissue. Apabila sudah selesai melakukan cara mengatasi tinta printer tidak keluar, dapat dites kembali.

3. Merendam Head Cartridge

Cara mengatasi tinta printer tidak keluar Canon G2010 dan seri lainnya untuk poin ketiga adalah dengan melakukan perendaman pada cartridge. Perendaman ini bisa dilakukan dengan menggunakan air hangat agar lebih efektif. Adanya sumbatan tinta yang terdapat di dalam cartridge menjadikan tinta printer tidak mau keluar sehingga harus direndam terlebih dahulu untuk mencairkan sumbatan tersebut.

Penyebab utama terjadinya sumbatan ini adalah printer dibiarkan menganggur tanpa melakukan aktivitas dalam kurun waktu lama. Solusinya memang harus dilakukan cara mengatasi tinta printer tidak keluar Epson I360 ini karena sumbatannya sudah parah sekali. cara ini pun dapat diaplikasikan ke semua seri printer yang beredar dipasaran, jadi kamu tidak perlu khawatir.

4. Terapkan Deep Cleaning

Setiap printer dibekali dengan maintenance yang terdapat pada drive bawaan. Tujuannya adalah agar cara mengatasi tinta printer tidak keluar Epson I3110 ini dapat diterapkan. Deep Cleaning bisa dilakukan apabila terjadi sumbatan yang tergolong masih ringan pada bagian cartridge. Sumbatan yang tergolong berat tidak bisa diatasi dengan cara ini.

Melakukan cara mengatasi tinta printer tidak keluar Epson I110 dan seri lainnya ini dapat dilakukan melalui menu Device and Printer. Kamu bisa melakukan otak atik sendiri agar menemukan menu Deep Cleaning ini. Alangkah lebih baik jika kamu melakukan Deep Cleaning ini tidak hanya satu kali saja agar hasilnya lebih maksimal.

5. Tutup Udara Pada Selang Tinta Infus

Ruang udara yang terdapat pada selang tinta memang sangat mengganggu sekali. Tinta yang keluar menjadi tidak lancar dan bahkan tidak bisa mengeluarkan tintanya. Masalah tersebut harus segera dibasmi menggunakan cara mengatasi tinta printer tidak keluar Epson I310 dan versi lainnya ini.

Gunakanlah jarum suntik tanpa menggunakan jarumnya untuk menyuntikkan tinta melalui selang tersebut. Nantinya, rongga tinta itu akan hilang dan printer dapat digunakan kembali. Cara ini tidak bisa berlaku apabila ruang yang ada di selang terlalu panjang yaitu melebihi 5 cm. Kamu harus memastikan terlebih dahulu ruangnya tidak terlalu panjang.

6. Melakukan Penggantian Cartridge

Apabila kamu sudah melakukan cara dari nomor 1 sampai nomor 5 namun tidak berhasil juga, berarti terjadi masalah pada catridge-nya. Cobalah pergi ke tempat service printer untuk memperbaiki catridge tersebut. apabila dari pihak yang memperbaiki cartridge tersebut sudah tidak bisa mengatasi kerusakan, maka jalan terakhir adalah mengganti catridge dengan yang baru.

Penyebab utama dari kerusakan catridge ini adalah sudah berusia tua sehingga tidak efektif lagi untuk digunakan. Faktor lainnya adalah printernya lama menganggur sehingga catridge akan mengering dan tidak bisa melakukan fungsi seperti sedia kala. Penting bagi kamu untuk selalu merawat printer agar tidak mudah rusak dan mengeluarkan banyak uang untuk memperbaikinya.

Beberapa cara mengatasi tinta printer tidak keluar dari TeknoApp tersebut dapat dicoba dan diterapkan di rumah. Kerusakan yang tidak terlalu parah pada bagian catridge dapat diatasi sendiri tanpa harus menyiapkan banyak uang untuk pergi ke tukang service. Pastikan sudah melakukan caranya dengan benar agar printernya dapat digunakan lagi untuk mencetak berbagai dokumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like