Mengenal Fungsi Tombol Del pada Laptop

Tombol Del Pada Laptop

Secara fungsi tombol del pada laptop tentu Anda pun mengetahuinya. Namun faktanya kegunaannya bukan hanya sekedar menghapus file atau teksnya saja tapi lebih dari itu. Belum lagi dengan tombol lain yang ada pada keyboard disetiap laptop atau komputer.

Beberapa Kegunaan Tombol Del Pada Laptop Beserta Tombol Lainnya

Jika bicara mengenai tombol del pada laptop, mungkin yang terbesit dikepala adalah menghapus. Hal tersebut tentu sesuai dengan arti sesungguhnya dari kata delete. Tapi terlepas dari itu berikut beberapa fungsinya serta tombol lainnya yang ada di keyboard.

1. Tombol Delete

Fungsi dari tombol del pada laptop sudah pasti untuk menghapus. Mengenai detail kegunaannya bergantung dengan konteks yang Anda kerjakan. Baik berupa teks, folder, file atau lainnya. Intinya adalah fungsinya utamanya yaitu Delete atau menghapus.

Saat Anda menggunakannya untuk mengetik sebuah teks, maka tombol del pada laptop difungsikan guna menghapus karakter yang ada di belakangnya. Tapi akan berbeda jadinya apabila ditambahkan tombol lainnya seperti CTRL. Maka menghapus satu kata sekaligus.

Selain itu apa kamu tahu kalau tombol del juga bisa digunakan untuk Restart laptop jika di kombinasikan dengan tombol yang lain? Kalau kamu penasaran silahkan cek bagaimana cara restart laptop menggunakan tombol Del.

2. Tombol Backspace

Untuk yang satu ini sebenarnya tidak begitu berbeda dari tombol del pada laptop. Backspace button digunakan juga untuk menghapus. Keberadaannya ada dibagian kanan atas keyboard. Fungsinya yaitu menghapus satu karakter yang berada dibelakang kursor berupa Text.

Tak ada perbedaan yang begitu signifikan terhadap Backspace dan tombol del pada laptop. Keduanya berfungsi untuk menghapus suatu hal sesuai perintah. Baik berupa teks ataupun file. Tapi jika Anda menambahkan Ctrl + del, maka satu kata akan terhapus sekaligus.

3. Tombol Capslock

Sama halnya seperti tombol del pada laptop, fungsi capslock juga sudah diketahui oleh banyak orang. Tapi lagi-lagi semuanya bergantung dengan konteks penggunaannya. Jika diterapkan pada teks maka kegunaannya untuk membuat huruf menjadi kapital (besar).

Namun, ketika Akda menerapkannya pada sebuah software lainnya, maka bisa jadi kegunaannya akan berbeda. Semua tergantung perintah yang diberikan. Hal itu pin sama seperti tombol del pada laptop yang mempunyai fungsi bukan hanya sekedar menghapus.

4. Tombol Tab

Tab button berada didekat tombol capslock atau lebih tepatnya dibagian sisi kiri. Fungsi utamanya adalah untuk memindahkan kursor atau menggesernya ke beberapa langkah. Apabila Anda menekannya, maka otomatis akan bergeser ke sisi kanan.

Tab button sama seperti tombol del pada laptop yang sangat diandalkan oleh penggunanya. Bahkan fungsinya bukan hanya sekedar memindahkan atau menggeser kursor ke sisi kanan saat mengetik. Semuanya tergantung dengan perintah dan tempat Anda menerapkannya.

Baca : Cara Restart Laptop Acer Segala Type

5. Tombol Esc

Esc button keberadaannya ada sisi kiri pojok keyboard atau berseberangan dengan tombol del pada laptop. Kegunaannya tentu tidaklah sama antara keduanya, dimana delete untuk menghapus. Sedangkan esc membatalkan suatu perintah yang dilakukan oleh penggunanya.

Bisa dikatakan bahwa fungsi utama dari tombol esc ialah sebagai Undo. Dengan kata lain membatalkan perintah yang sebelumnya Anda lakukan dan tidak diinginkan. Namun, dapam beberapa kasus tentu tombol ini tak dapat digunakan sesuai fungsinya pada software lain.

6. Tombol Home

Adanya tombol del pada laptop ataupun home tentu bertujuan untuk memudahkan para penggunanya. Sama halnya seperti button home guna membantu Anda memindahkan kursor dari satu titik ke titik lainnya. Terutama dibagian sisi kanan menuju kiri sat mengetik.

Tapi, supaya tombol tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka Anda perlu menakan juga tombol FN. Dengan begitu, kursor yang berada disisi kanan akan secara otomatis ke kiri. Jika diaplikasikan pada software lain maka akan kembali ke layar utama.

7. Tombol End

End Button berada didekat tombol del pada laptop. Kegunaannya balikan dari fungsi home dimana menggeser kursor dari sisi kanan ke kiri. Sedangkan tombol end digunakan untuk memindahkan kursor ke titik paling ujung atau kiri ke kanan.

Meskipun memiliki perbedaan perihal fungsi bahkan berlawanan, tapi keduanya punya metode yang sama. Sebab, untuk memfungsikannya, maka Anda perlu menekan tombol fn bersama end button. Dengan begitu, secara otomatis kursor akan pindah ke bagian ujung.

8. Tombol Enter Serta Page Up dan Down

Sama seperti Tombol del pada laptop, enter button juga bagian penting dan sering digunakan. Terutama ketika penggunanya sedang mengetik suatu teks. Fungsinya adalah memindahkan kursor dari sisi atas ke bagian bawah, tergantung dengan ukurannya.

Sedangkan Page up berguna untuk menggeser satu baris dibagian bawah ke atas. Perihao Page down tentu Anda sudah dapat menyimpulkan fungsi utamanya. Tentu kebalikan dari page up dimana menggerakkan dari sisi atas ke bawah satu baris.

Penutup

Itulah tadi pembahasan dari TeknoApp mengenai beberapa fungsi dari tombol del pada laptop beserta tombol lainnya yang ada di keyboard. Dengan Anda memahami setiap kegunaannya, maka hal itu akan sangat berguna. Sebab bisa dimanfaatkan sebagai jalan pintas untuk suatu perintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like