Perangkat Keras Komputer : Detail Lengkap Hardware Laptop dan Komputer Beserta Fungsi Kerjanya

Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras Komputer – Jika menyebutkan nama Komputer pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang saat ini, karena memang sudah cukup menemukan alat tersebut. Meskipun tak begitu banyak orang yang tahu tentang nama dan fungsi dari perangkat keras komputer itu sendiri.

Nah maka dari itu, pada kesempatan kali ini TeknoApp akan membahas mengenai nama dan fungsi perangkat keras komputer untuk menambah wawasan kamu. Sehingga nantinya kamu tidak hanya bisa menggunakannya saja, namun juga paham dengan nama dan fungsi perangkat tersebut.

Penjelasan Komputer

Sebelum membahas komponen dalam perangkat keras komputer, terlebih dahulu kita bahas mengenai apa sih komputer itu? komputer merupakan sebuah benda elektronik multifungsi yang biasa digunakan dalam dunia perkantoran, dunia pendidikan, dan bahkan dalam dunia industri.

Pada umumnya, komponen yang ada didalam komputer ini dibagi menjadi lima jenis. Nah kelima jenis ini diantaranya adalah komponen output, komponen input, komponen proses, komponen penyimpanan, dan komponen tambahan.

Detail Lengkap Komponen Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Seperti yang disebutkan diatas tadi, jika perangkat keras komputer ini memiliki lima bagian dengan tugas masing-masing, nah berikut penjelasan lengkapnya :

1. Komponen Output

Komponen output ini adalah sebuah device yang berfungsi untuk menghasilkan sebuah data yang nantinya bisa menghasilkan suara, gambar, video, maupun teks. Dan sejumlah Perangkat keras komputer yang masuk dalam anggota ini diantaranya :

Monitor

Monitor ini menjadi sebuah komponen di dalam komputer yang memiliki peranan penting untuk menghasilkan pengolah data dalam bentuk visual. Monitor ini sendiri memiliki sejumlah ukuran dan resolusi yang berbeda-beda, jadi untuk hasil output-nya pun juga berbeda.

Monitor sendiri memiliki dua jenis yang umum diketahui, yakni model Carthode Ray Tube (CRT) dan juga Liquid Crystal Display (LCD). Untuk saat ini jenis monitor CRT atau model tabung sudah mulai ditinggalkan pemakainya, hal ini sangat wajar karena memang ukuran layarnya yang besar sehingga memakan banyak tempat.

Terkait kualitas yang dihasilkan oleh monitor ini tergantung dengan beberapa aspek yang perlu kamu perhatikan, diantaranya adalah Resolusi, Kontras, Tingkat Kecerahan, serta Waktu Respon.  Jika pixel didalam monitor ini sangat tinggi, maka makin tinggi pula resolusi dari layar tersebut.

Untuk waktu respon ini ada kaitannya dengan cepat tidaknya monitor dalam mematikan maupun menghidupkan layar tersebut. Sementara tingkat kontras dan kecerahan ini optional, tergantung dari jenis layar yang digunakan pada monitor tersebut.

Speaker

Untuk speaker ini merupakan perangkat keras komputer yang berguna untuk mengeluarkan bunyi atau suara. Dimana perangkat ini terbuat  dari kumparan magnet, logam, dan juga membrane, dan pastinya setiap perangkat PC atau laptop membutuhkan alat ini.

Speaker ini bakal bekerja dengan optimal ketika dirinya mendapatkan dukungan dari Sound Card. Tanpa adanya dukungan tersebut, maka speaker tidak akan berfungsi dengan baik atau bahkan tidak akan bisa berbunyi nanti.

Pada perangkat PC, biasanya speaker ini menjadi perangkat tambahan. Sementara pada Laptop komponen ini sudah ditanamkan di dalamnya, sehingga kamu tidak perlu membeli speaker lagi jika ingin mendengarkan music.

2. Komponen Input

Jika komponen input tadi memproses data lalu menampilkannya dalam bentuk visual, lain lagi dengan komponen input yang justru menyadia media untuk pengambilan data, lalu di proses dan dihasilkan oleh komponen output tadi. 

Untuk komponen input pada perangkat keras komputer ini macamnya ada cukup banyak, dan semua ini memiliki tugas dan fungsi masing-masing.

Webcam

Perangkat input pertama dari komputer ini adalah Webcam atau  kamera web. Ini adalah jenis kaemra dihital yang biasanya dihubungkan ke komputer untuk berbagai kebutuhan, seperti menggambil foto atau video yang selanjutnya akan diproses dalam komputer dan ditampilkan dengan monitor.

Webcam ini bisa digunakan untuk mengambil gambar maupun video baik secara oinline maupun tidak. Pada perangkat PC biasanya webcam ini dijual terpisah, sementara pada perangkat laptop Webcam ini sudah disematkan pada bagian atas layarnya.

Untuk Webcam ini sendiri memiliki dua jenis, yakni berbasis USB yang mana bisa dihubungkan ke PC selama memiliki port USB yang cocok. Ada juga Webcam berbasis wireless bisa digabungkan jika kedua perangkat (PC dan Webcam) terhubung pada modem yang sama.

Keyboard

Keyboard ini masuk dalam kategori komponen input perangkat keras komputer, karena fungsinya sebagai papan ketik maka didalam Keyboard ini tersedia deretan huruf, angka, dan juga symbol-symbol penting didalamnya.

Untuk jenis Keyboard ini ada bermacam-macam, mulai dari Qwerty yang ditemukan sejak tahun 1878 sampai kini masih digunakan. Ada juga jenis keyboard lain seperti Kloceknberg, Dvorak, Numeric, dan juga Alphabetic.

Untuk jenis keyboard Kloceknberg ini sangatlah unik, dimana keyboard ini terbagi menjadi dua bagian yakni kanan dan kini dengan isian karakter berbeda. Menurut penemunya, hal ini dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan untuk para penggunanya.

Baca : Pengertian On Screen Keyboard, Fungsi dan Cara Memakainya

Mouse

Entah darimana nama ini berasal, yang pasti Mouse pada perangkat PC ini memiliki peran cukup penting. Dimana Mouse ini berfungsi untuk menggerakan kursor yang terdapat dilayar monitor, menggulirkan ke atas dan ke bawah pada sebuah halaman, dan juga bisa untuk memperbesar dan memperkecil tampilan layar atau gambar.

Mouse ini sendiri memiliki dua jenis, yakni Mouse USB dan juga Wirelles. Untuk Mouse USB ini menggunakan sebuah kabel dengan ujungnya terdapat colokan USB untuk menymbungkannya ke komputer dan laptop.

Sementara untuk jenis Mouse Wirelles ini tidak menggunakan kabel, dimana mouse jenis ini menggunakan Bluetooth. Agar bisa terhubung ke PC atau Laptop terdapat sebuah alat kecil yang dimasukkan kedalam PC dan Laptop sebagai perantara keduanya.

Untuk Mouse Wirelles ini harganya lebih mahal dibandingkan jenis USB, hanya saja kamu perlu mengganti baterainya sesering mungkin jika Mouse digunakan dalam waktu lama. Sementara untuk jenis Mouse USB ini harganya lebih murah, namun kabelnya rawan putus di dalam sehingga membuatnya tidak bisa digunakan.

Sound Card

Seperti yang sudah disinggung di atas tadi, jika Sound Card ini memiliki peranan penting untuk menghasilkan suara PC atau laptop. Pada awalnya komponen ini hanya menjadi pelengkap, namun kali ini perangkat keras komputer tersebut wajib ada di PC atau laptop untuk membuatnya bisa bekerja secara optimal.

Ada tiga jenis Sound Card yang berdasarkan model beserta model pemasangan, diantaranya Onboard, Offboard, serta eksternal. Untuk Sound Card jenis onboard ini sudah dipasang langsung di dalam perangkat, dan untuk jenis offboard ini dipasang pada bagian slot ISA/PCI di papan induk. Lalu untuk jenis eksternal ini dipasang khusus memakai USB yang diletakkan pada port eksternal.

Lan Card / NIC

NIC (Network Intrface Card) atau bisa disebut dengan Lan Card merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk menyambungkan perangkat komputer  laptop pada jaringan yang tersedia di sekitarnya. Saat ini ada dua jenis Lan Card yang tersedia dipasaran, yakni Logis serta Fisik.

Untuk Lan Card jenis Logis ini contohnya seperti loopback adaptor serta dial-up adapter, sementara untuk jenis Lan Card fisik ini contohnya seperti token ring dan juga Ethernet. Pada umumnya, Lan Card ini juga disebut dengan network adapter yang mana setiap PC ini memiliki Mac Address masing-masing.

Nomor Address ini nantinya juga tidak akan bisa diganti oleh orang lain kecuali kamu pemilik komputer tersebut. Untuk cara kerja dari Lan Card ini adalah merubah aliran komputer yang awalnya parallel diganti menjadi seri agar nantinya bsia ditransmisi dengan jaringan internet.

Optical Drive

Optical Drive atau CD Driver ini juga bisa ditemukan pada perangkat PC atau Laptop, dimana perangkat keras komputer ini bisa digunakan untuk menulis ataupun membaca data yang ada didalam CD/DVD.  Ada tiga jenis komponen ini, mulai dari CD-ROM Drive, DVD-ROM Drive, dan juga CD-RW Drive.

Nah didalam Optical Drive ini terdapat kecepatan transfer data yang mereka simbolkan dengan memaka kode ‘x’, misalnya seperti 32x, 48x, dan 52x. Ternyata kode tersebut tidak hanya sekedar tulisan saja, namun ada maksud dan penjelasannya sendiri.

Untuk 32x ini merujuku pada kecepatan perangkat tersebt dalam melakukan format ulang, 48x mengacu pada kecepatan penulisan data, dan paling akhir yakni 52x ini mengacu pada kecepatan membaca datanya.

Baca : Penjelasan CD ROM adalah : Fungsi dan Macam-macamnya

3. Komponen Proses

Dari namanya saja sudah bisa dipahami, jika komponen proses ini bertugas untuk memproses semua data yang dimasukkan kedalam komputer oleh pengguna. Perangkat keras komputer pada sektor ini memiliki banyak sekali jenis, dan semuanya memiliki peran sangat penting dalam mengerjakan semua tugas yang kamu berikan.

CPU (Central Prosessing Unit)

Centrak Prosessing Unit atau lebih mudahnya disebut dengan CPU, menjadi komponen proses pertama yang menjadi pusat pengendalian dan juga pemrosesan data didalam komputer. Sesuai namanya yang mengandung Central, memang posisi dari komponen ini sangatlah penting karena disinilah mereka berperan untuk mengatur program maupun aktifitas dalam komputer.

Bisa dibilang jika CPU ini menjadi otak dari sebuah komputer, sehingga kamu harus berhati-hati menggunakannya. Semua data yang masuk kedalam komputer akan diproses oleh komponen ini dan  bisa menghasilkan output.

Didalam prosesor ini terdapat beberapa komponen penting didalamny, seperti Control Unit, Artihmatics Logical Unit (ALU), dan juga Memori Unit. Karena pentignya keberadaan prosesor ini membuatnya diletakkan pada papan induk.

Motherboard

Motherboard atau sering disebut sebagai papan induk, adalah sebuah papan sirkuit yang menjadi ‘rumah’ untuk komponen penting didalam CPU PC atau laptop. Biasanya Motherboard ini menjadi rumah bagi RAM, Prosesor, dan juga Hard Disk.

Nah didalam Motherboard ini sendiri memiliki beberapa jenis komponen didalamnya, mulai dari slot prosesor, slot memori (RAM), konektor power, dan juga north bridge controlller. Motherboard ini memiliki bentuk seperti sirikuit elektronik untuk lintasan data didalamnya, dengan adanya perangkat ini membuat semua perangkat komputer ini bisa saling bekerjasama dan terhubung untuk menyelesaikan tugas yang kamu berikan.

Baca : Rekomendasi Motherboard Gaming Terbaik untuk Kamu Miliki

VGA Card

Kartu VGA adalah perangkat keras berfungsi untuk mengolah tampilan grafis yang nantinya ditampilkan ke layar monitor. Uniknya, karena tugasnya tersebut membuat Kartu VGA ini dibekali dengan proses sendiri yang diberi nama GPU (Graphical Prosesessing Unit).

Nama GPU ini mungkin sudah tidak asing di telinga kamu, karena perangkat ini juga digunakan pada smartphone. Untuk kamu yang memiliki hobi gamer ataupun desain gravis, maka Kartu VGA ini sangat kamu butuhkan guna menunjang perfoma nanti.

Nah untuk Kartu VGA ini sendiri memiliki beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda-beda, diantaranya:

  • Kartu VGA ISA

Untuk Kartu VGA yang ini bentuknya lebih panjang dibandingkan seri lain, dimana biasanya digunakan pada papan induk versi lawas yang memiliki kapasitas kecil. Jadi Kartu VGA ini digunakan pada perangkat PC yang menggunakan prosesor sebelum seri Pentium.

  • Kartu VGA PCI

Ini merupakan Kartu VGA versi baru dari ISA, dimana kartu ini digunakan diawal-awal keluarnya komputer sero Pentium II hingga Pentium IV tipe lama.

  • Kartu VGA AGP

Sebagai versi baru, Kartu VGA ini dibekali dengan kapasitas penyimapanan yang lebih besar dari pendahulunya

  • Kartu VGA PCI Express

Untuk Kartu VGA jenis ini hadir dengan dua versi, yakni Express 1x dan juga Express 16x. Untuk kartu Kartu VGA Express 1x ini menawarkan kecepatan bandwith maksimal 250 MBs, sementara untuk Express 16x ini menawarkan kecepatan bandwith hingga 4000MB/s.

Baca : Inilah 10 VGA Laptop Pilihan Terbaik untuk Gaming

Power Supply

Perangkat keras komputer yang satu ini berperan penting untuk menyuplai daya ke semua komponen yang ada didalam komputer, mulai dari Papan Induk, Prosesor, dan juga VGA. Jadi tanpa adanya Power Supply ini maka mustahil jika komputer kamu bisa dihidupkan.

Lokasinya yang tersembunyi dibalik bingkai, seringkali Power Supply dianggap komponen yang kurang penting. Padahal jika dilihat dari fungsinya, maka bisa dikatakan jika perangkat ini menjadi jantung dari komputer tersebut.

Power Supply ini sangat berpengaruh pada performa serta daya tahan dari sebuah komputer, jadi ketika komponen ini tidak bekerja secara optimal tentu akan sangat berdampak pada PC yang tidak stabil hingga menyebabkan kerusakan. 

Maka dari itu penting untuk di ingat, apabila Power Supply pada perangkat PC kamu mengalami kerusakan sebaiknya membeli yang baru. Karena apa? setiap Power Supply ini memiliki masa hidup masing-masing dan terbatas, dikhawatirkan jika kamu membeli bekas ternyata waktu hidup dari perangkat tersebut tinggal sebentar.

PC Cooler

Sesuai namanya, jika komponen ini memiliki tuga mengontrol suhu panas yang ada didalam komputer atau laptop. Maka jangan heran jika PC Cooler ini diletakkan persis di atas prosesor, karena tujuan utamanya adalah untuk menjaga suhu dari komponen tersebut tetap stabil meski digunakan dalam kurun waktu lama.

Untuk memasang PC Cooler ini menggunakan pasta khusus untuk merekatkannya secara sempurna di prosesor. Didalam PC Cooler ini juga terdapat sebuah kipas berukuran kecil yang berfungsi untuk memastikan proses pendinginan lebih cepat lagi.

Baca : Ketahui Apa Saja Pengertian, Jenis, dan Fungsi Processor

4. Komponen Penyimpanan

Perangkat keras komputer selanjutnya kali ini adalah bagian penyimpanan, dimana komponen ini berguna untuk penyimpanan sementara, dan penyimpanan data pengguna. Pada komponen ini ada 3 jenis yang perlu kamu ketahui, yakni RAM, Hard Disk, dan juga SSD.

RAM

Random Access Memory atau lebih mudah disebut sebagai RAM adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari semua intuksi atau perintah dari prosesor. Dengan begini artinya, maka instruksi atau data yang disimpan didalam RAM ini nantinya bakalan hilang pada saat aplikasi ditutup atau komputer dimatikan.

Namun jika saat itu komputer atau laptop ini masih dalam mode sleep ataupun hibernate, maka instruksi atau data yang ada didalamnya tidak akan hilang. Kapasitas RAM didalam setiap perangkat ini sangat berpengaruh pada performa dari PC atau laptop saat menjalankan perintah kamu.

Jika kapasitas RAM kamu besar, maka ia bisa melayani semua tugas kamu secara bersamaan dengan mudah. Sementara jika kapasitas RAM diperingkat kamu kecil lalu digunakan untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus, hal ini akan membuat komputer lemot dan prosesor cepat panas.

Baca : 5+ Cara Cek RAM Laptop Paling Mudah, Coba Yuk!

Hard Disk

Hard Disk Drive (HDD) merupakan perangkat keras komputer yang berguna untuk menjadi penyimapanan sekunder dalam komputer. Jika RAM ini digunakan sebagai penyimpanan sementara, berbeda dengan Hard Disk yang menjadi penyimpanan selamanya selagi pengguna tidak menghapus datanya.

Ada dua tipe Hardisk ada Hardisk Internal dan Hardisk External. Nah Hard Disk ini memiliki kapasitas ukuran yang sangat besar, karena nanti digunakan untuk menyimpan berbagai data dari pengguna mulai dari music, dokumen, foto, video secara permanen. Terdapat 3 varian Hard Disk yang ada dipasaran saat ini, mlai dari SATA (Serial Advanced Technoloy Attachment)m IDE (Intergrated Drive Electronics), dan juga ATA (Advanced Tehcnology Attachment).

Dalam pemilihan Hard Disk ini tidak bisa sembarangan, karena ketiganya memiliki perbedaan pada model port yang digunakan. Selain itu ketiga jenis Hard Disk ini memiliki kecepatan putaran piringan berbeda-beda, sehingga berpengaruh pada kecepatan akses datanya.

Baca : Kamu Wajib Tahu! 17 Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal Tidak Terbaca di Disk Management

SSD

Solid Date Drive (SSD) ini sebenarnya sama dengan HDD tadi, hanya ini merupakan varian baru atau pengganti dari HDD yang sudah dilengkapi dengan chip memori agar saling terhubung untuk keperluan penyimpanan datanya.

SSD ini diklaim lebih canggih dibandingkan HDD karena memiliki kecepatan serta readibilitas lebih baik darinya. Intinya untuk fungsi dari SSD ini mirip dengan HDD, hanya secara untuk modelnya mirip seperti USB Flash Drive. Maka jangan heran jika harga SSD ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan HDD pada umumnya.

Baca : Yuk Kenalan Dengan Jenis Beserta Fungsi HDD

5. Komponen Tambahan

Yang namanya komponen tambahan, itu berati perangkat ini dijual terpisah dari komputer atau PC, kamu pun juga tidak wajib membelinya jika memang tidak dibutuhkan. Ada banyak sekali komponen tambahan ini, dan berikut ini kami berikan beberapa diantaranya:

Proyektor LCD

Komponen tambahan perangkat keras komputer ini berfungsi untuk menampilkan gambar maupun video pada layar monitor ke bidang datar disekitarnya. Nah proyektor ini mampu menjadikan hasil output berukuran lebih lebar dan luas lagi dibandingkan kamu harus melihatnya di monitor.

Untuk cara kerja dari Proyektor LCD ini adalah mengirimkan cahaya dari lampu halida logam, yang nantinya cahaya tersebut bakal diteruskan ke prisma yang nantinyabisa tersebar ke seluruh panel polysilikon. Dimana komponen ini pada umumnya memiliki warna hijau, merah, serta biru.

Printer

Perangkat keras komputer yang satu ini mungkin kamu sudah tidak asing lagi mendengar namanya, dimana Printer ini berfungsi untuk mencetak sebuah soft file menjadi hardcopy. Dimana alat ini bisa mencetak data seperti tekas maupun gambar didalam kertas dengan beragam ukuran.

Pada awalnya Printer ini diciptakan untuk mencetak dokumen saja, namun seiring waktu berjalan Printer bisa digunakan untuk fotokopi maupun faks. Ada tiga jenis Printer yang saat ini sudah tersedia dipasaran dengan fungsi masing-masing, diantaranya:

  • Printer Ink Jet

Untuk jenis printer ini sendiri menjadi yang paling populer dan banyak digunakan, pasalnya harga yang dibanderol cukup terjangkau. Printer jenis ini menggunakan tinta cair untuk mencetak, dimana printer ini memiliki kemampuan untuk mencetak dengan berbagai macam ukuran kertas sesuai kebutuhan dan jenisnya.

  • Printer Dot Matrix

Meskipun memiliki resolusi cetak yang rendah, akan tetapi jenis printer Dot Matrix ini masih saja dibutuhkan diantara banyak alat printer canggih dipasaran. Untuk mencetaknya, printer ini memakai  pita.

  • Printer Laserjet

Dengan menawarkan teknologi baru, Printer Laserjet ini memiliki kualitas cetak lebih baik dan juga lebih cepat. Apalagi untuk harga serbuk toner dari printer ini lebih murah dari tinta inkjet, namun printer ini bisa digunakan dalam jangka waktu lama tanpa perlu sering mengisi ulang.

Baca : Inilah Jenis Heatsink Beserta Fungsinya

UPS

Uninterruptible Power Supply atau biasa disebut dengan UPS adalah sebuah perangkat keras komputer tambahan yang cukup penting, dimana alat ini berguna untuk menyimpan arus listrik didalamnya. Jadi alat ini sangat cocok digunakan para perangkat PC yang tidak memiliki penyimpanan sementara, dengan adanya UPS ini membuat PC tidak akan langsung mati ketika listrik padam.

Kamu masih bisa menyimpan hasil pekerjaan sejenak dan mematikan komputer sesuai dengan prosedrunya. Dengan begini selain menyelamatkan pekerjaan kamu, juga bisa merawat perangkat keras di komputer supaya tidak mudah rusak.

Scanner

Scanner ini adalah sebuah alat yang digunakan untuk memindai sebuah dokumen, lalu menjadikannya sebagai softcopy atau hardcopy. Sebenarnya fungsi ini tidak jauh beda dengan printer, dan bahkan ada beberapa printer All in One yang juga menyematkan teknologi ini didalamnya.

Flashdisk

Flashdisk atau FD adalah perangkat keras komputer pendukung yang berguna untuk menyimpan data. Flashdisk ini bisa dikatakan sebagai memori eksternal, yang mana kamu bisa membawanya kemananpun dan dibuka ke perangkat lain dimana pun. 

Untuk kapasitas penyimpanan dari Flashdisk ini beragam, mulai dari paling kecil 2 GB hingga paling besar 28 GB. Flashdisk ini sangat berguna untuk menyimpan data secara permanan, dimana untuk menyambungkannya ke perangkat PC atau laptop dibutuhkan port USB.

Card Reader

Hampir sama dengan flashdisk, hanya saja untuk Card Reader ini menjadi jembatan untuk memori card bisa dibaca kedalam Komputer atau laptop. Beberapa jenis laptop biasanya menyediakan slot microSD, namun jika tidak ada maka kamu perlu menggunakan Card Reader ini membuka file didalam memori tersebut pada perangkat PC atau laptop.

Dengan adanya Card Reader, kamu bisa membuka file didalam memori card ini diberbagai macam perangkat nantinya, dan biasanya untuk kapasitas penyimpanan pada memori card ini sama dengan Flashdisk.

Baca : Pengertian Stavolt Adalah, Cara Kerja, Dan Jenisnya

Modem

Modulator Demodulator atau bisa disebut sebagai modem, adalah perangkat keras komputer yang bisa mengganti sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya. Alat ini menjadi komponen pendukung pada komputer atau laptop, karena sifatnya yang portable dan berperan sebagai perantara komputer dengan jaringan internet di sekitar kamu.

Perlu kamu ketahui, jika data yang terdapat didalam komputer ini masih berupa sinyal digital, dan keberadaan modem ini akan merubah sinyal tersebut menjadi sinyal analog. Tentu modem ini sangat berguna ketika kamu bepergian diluar rumah dan butuh internet, dengan catatan ditempat kamu saat ini terdapat sinyal dari provider yang digunakan dalam modem tersebut.

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang perangkat keras komputer, semoga apa yang sudah diulas TeknoApp diatas tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu nantinya.

QnA

1. Apa pengertian perangkat keras komputer ?

Pengertian perangkat keras komputer adalah komponen-komponen komputer yang dapat dilihat dan dirasakan secara fisik.

2. Ada berapa bagian komponen perangkat keras komputer ?

Komponen perangkat keras komputer ada 5 bagian yaitu; Komponen Output, Komponen Input, Komponen Proses, Komponen Penyimpanan, dan Komponen Tambahan.

3. Sebutkan komponen-komponen perangkat keras komputer dengan lengkap ?

  1. Monitor
  2. Speaker
  3. Webcam
  4. Keyboard
  5. Mouse
  6. Sound Card
  7. Lan Card / NIC
  8. Optical Drive
  9. CPU (Central Prosessing Unit)
  10. Motherboard
  11. VGA Card
  12. Power Supply
  13. PC Cooler
  14. RAM
  15. Hard Disk
  16. SSD
  17. Proyektor LCD
  18. Printer
  19. UPS
  20. Scanner
  21. Flashdisk
  22. Card Reader
  23. Modem
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like